Tuesday, March 5, 2019

Sedotan dari Bambu Buatan Joko Prayitno Diminati Pasar Mancanegara, Ini Kendalanya

Sedotan dari Bambu Buatan Joko Prayitno DiminatiPasar MancanegaraIni Kendalanya
RabuMaret 2019 21:58 WIB

          Artikel ini telah tayang di  dengan judul Sedotan dariBambu Buatan Joko Prayitno Diminati Pasar MancanegaraIniKendalanyaPengusaha asal Ngringo Jaten KaranganyarJokoPrayitno yang akrab disapa Yitno berhasil merambah pasar lokalhingga mancanegara.
Saat menyambanginya di sebuah ruko yang terletak di JalanNusa Indah 5A Perumnas Palur Ngringo Jaten Karanganyartampak para pengrajin sedang sibuk mempaking sedotan ramahlingkungan berbahan dari bambu wuluh itu.

Di bantuan dua anakistrinya dan dua pengrajinYitno kiniberhasil memasarkan sedotan bambu di kota-kota besar yang adadi Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Bali hingga Korea Selatan, Jepangdan Australia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sedotan dari BambuBuatan Joko Prayitno Diminati Pasar MancanegaraIniKendalanya
Laki-laki yang awalnya menjadi pengusaha mainansepertiterompet dan peluit itu mengakubahannya yang ramahlingkungan menjadi alasan ia menggeluti bisnis iniSelain itudengan berbarengan gencarnya kampanye anti plastik membuatbisnis ini semakin banyak diminati masyarakat.
"Sedotan ini menggunakan bahan (bambu) yang alami dannatural. Limbahnya bisa teruraijadi tidak membahayakanlingkungan dan sehat," terangnya kepada Tribunjateng.com, Senin (4/3/2019) siang.
Sedotan bambu miliknya mempunyai tiga ukurandari yang kecil berdiameter 0,3 cm, medium 0,4 cm dan besar 0,6 cm. Panjang dari bambu berkisar 20-22 cm.
Mengenai bahan bakuYitno mengaku mengambil bahan baku(bambudari petani yang ada di sekitar Jawaantara lain Kediri, Malang, Ponorogodll.
"Produksi setiap tahunnya meningkatdulu seminggu produksi(sedotan bambusekitar 5.000-10 ribukalau sekarang seharibisa mencapai 10-15 ribu. Peningkatannya luar biasa," terangnya
PerbijinyaYitno menjual sedotan bambu siap pakai mulaidari harga Rp 3.000 hingga Rp 10 ribu. "Tergantung ukurannyasemakin kecil ukurannya semakin mahal," tuturnya.
Dalam memotong bambu sesuai ukuranmembersihkanlubang bambu lanjut mempakingYitno dibantu kedua anakistridan dua orang pengrajin."Omzetnya bisa mencapai sekitar Rp 30 juta. Dengan potensi yang adasemoga dinas terkait membantuuntuk pembinaan dan penanaman bambu untuk meningkatkanekonomi bagi masyarakat pertanian," jelasnya.

`Artikel ini telah tayang dengan judul Sedotan dari BambuBuatan Joko Prayitno Diminati Pasar MancanegaraIniKendalanya,  Bahan baku yang terbatas karena diambil darialam kerap membuat Yitno kewalahan menuruti permintaanpasar dari konsumen lokal dan mancanegara.(*) Rambah PasarMancanegara Artikel ini telah tayang dengan judul Sedotan dariBambu Buatan Joko Prayitno Diminati Pasar MancanegaraIniKendalanya.

Sumber : http/www/tribunews.com/regional/2019/3/6

No comments:

Post a Comment

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab Selain Isra’ dan Mi’raj masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Ra...