Tuesday, November 19, 2019

Mengenal Hari Anak Universal yang Diperingati Setiap Tanggal 20 November

Mengenal Hari Anak Universal yang Diperingati Setiap Tanggal 20 November

Selain ada peringatan Hari Ayah dan Hari Ibu, ternyata juga ada hari peringatan untuk anak-anak.


Yap, hari ini, 20 November diperingati sebagai Hari Anak Universal.

Apa itu Hari Anak Universal?

Hari Anak Universal yang diperingati setiap tanggal 20 November ini diresmikan pada tahun 1954 oleh United Nations atau Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Tujuan dari dibuatnya Hari Anak Universalini adalah untuk mempromosikan tentang kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Setelah penetapan Hari Anak Universalpada tahun 1954, kemudian PBB mengadopsi atau menerapkan berbagai hak-hak anak yang diatur dalam berbagai aturan.

Ternyata anak-anak memiliki macam-macam hak.

Hak-hak itu antara lain mendapat perlindungan dan berbagai fasilitas, serta tidak dibedakan berdasarkan penampilannya.

Anak-anak juga harus mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik dan mendapatkan pendidikan yang baik.

O iya, hak-hak anak yang diatur dalam Deklarasi Hak Anak ini juga mengatakan kalau ada teman-teman kita yang mempunyai disabilitas, juga harus diberikan fasilitas yang baik, lo.

Selain Deklarasi Hak Anak, melalui PBB, 191 negara juga menandatangani perjanjian yang disebut Konvensi Hak Anak, nih, teman-teman.

Konvensi Hak Anak ini adalah pelaksanaan dari hak anak yang sudah ada di Deklarasi Hak Anak, dan negara-negara yang menandatangani konvensi ini harus menjalankannya.

Pada peringatan Hari Anak Universal tahun 2018 ini, PBB mengajak kita untuk mengambil alih dunia dan mengubah dunia menjadi biru, lo.

Mengubah dunia menjadi biru ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, nih, seperti teman-teman berfoto dengan memakai baju atau berbagai aksesoris berwarna biru.

Foto tersebut kemudian teman-teman unggah ke sosial media milik teman-teman.

Dengan foto-foto tersebut anak-anak akan menjadi sorotan di berbagai media, nih, seperti televisi, sosial media, dan berbagai media lainnya.

Dari kampanye yang dilakukan oleh PBB ini, menunjukkan kalau anak-anak juga bisa mengambil bagian untuk mengubah dunia.

Sumber : https://m.tribunnews.com/nasional/2018/11/20/mengenal-hari-anak-universal-yang-diperingati-setiap-tanggal-20-november 

https://www.google.com/search?q=20+november+hari+apa&safe=strict&client=ms-android-samsung&prmd=isvn&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjCkr_RtPflAhXlyTgGHZUICfIQ_AUoAXoECBAQAQ&biw=360&bih=520&dpr=2#imgrc=ndSUt_EjUQCoQM

No comments:

Post a Comment

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab Selain Isra’ dan Mi’raj masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Ra...