Monday, October 22, 2018

Mengenal Puisi Haiku

Mari Mengenal Haiku – Puisi Pendek Kuno Dari Negeri Sakura Jepang


Haiku adalah puisi pendek kuno yang sangat populer di zamannya hingga sekarang. Itu dikarenakan orang Jepang, terutama generasi mudanya, sangat melestarikan budaya yang ada. Oleh sebabnya Haiku masih dikenal baik oleh penduduk lokal Jepang maupun mancanegara.
Haiku sendiri muncul di akhir era Muromachi, namun berkembang saat memasuki zaman Kinsei (disebut juga sebagai zaman Pra Modern). Periode ini dimulai pada tahun 1602, yakni sejak Shogun Tokugawa Ieyasu yang berdiri sebagai pemegang kepemerintahan Jepang memindahkan pusatnya ke Edo. Haiku bermula dari rongga sebuah puisi berpola 5-7-5 silabel (suku kata) yang diciptakan untuk berbalas-balas bersama lawan main seperti pantun. Bagian pertama haiku yang terdiri dari 5 suku kata disebut dengan ‘shougo’ atau ‘kamigo’ (上五). Nakashichi adalah bagian tengah yang berjumlah tujuh suku kata (中七) dan ‘shimogo’ (下五) merupakan bagian akhir yang terdiri dari lima suku kata. Pola 5-7-5 ini merupakan bentuk dasar haiku. Namun, ada juga haiku yang tidak mengikuti pola tersebut. 
Kemunculan media massa cetak pun ikut andil dalam mempengaruhi perkembangan dan penyebarluasan Haiku. Haiku-haiku yang berhasil diciptakan mulai dibukukan, diperbanyak dan disebarluaskan. Pola haiku yang khas, singkat serta padat namun penuh makna, membuat haiku populer di lokal bahkan hingga ke mancanegara.
Banyak penyair yang bukan berasal dari negara asalnya sendiri turut membuat puisi pendek ini dalam bahasa negaranya. Seperti di Indonesia. Ada komunitas Haiku yang menamai dirinya dengan nama “Danau Angsa”, sudah membukukan 500 puisi Haiku karya penyair Indonesia dalam buku antologi “500 Haiku Kumpulan Danau Angsa”. Para penggemar Haiku ini membuat karya dalam warna yang lebih sedikit kekinian.
Berikut adalah beberapa contoh Haiku dari pujangga atau penyair Jepang ternama.
Kyoshi
 Shizukasa ya, hanasaki niwa no, haru no ame.
 Betapa sunyinya, halaman berbunga, hujan musim semi. 
 Masaoka Shiki
 Furusato ha, itoko no Ooshi, momo no hana.
 Pada kotaku, anak-anak gembira, bunga pun mekar.
 Basho
 Furuike ya, kawazu tobikomu, mizu no oto.
 Di kolam tua, seekor katak melompat, air pun pecah.
 Kobayashi Issa
 Yuki to kete, mura ippai no, kodo mo kana.
Salju mencair, desa pun penuh dengan, anak-anak.
Sumber :  https://www.akibanation.com/mari-mengenal-haiku-puisi-pendek-kuno-dari-negeri-sakura-jepang/amp/

No comments:

Post a Comment

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab Selain Isra’ dan Mi’raj masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Ra...