Monday, January 14, 2019

Mengenal Sastra Lebih Dekat


Mengenal Sastra Lebih Dekat 


Apa itu sastra?
Mungkin banyak sebagian orang yang belum mengenali tentang sastra. Untuk itu mari kita kenali lebih dekat. Check It Out......

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian sastra beragam, yakni :
1. Bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari);
2. Kesusastraan;
3. Kitab suci Hindu;Kitab Ilmu pengetahuan
4. Kitab; pustaka; primbon (berisi ramalan, hitungan, dsb)
5. Tulisan; huruf

sedangkan menurut Para Ahli tentunya pengertiannya beragam pula : 

Pengertian Sastra Menurut Para Ahli

Mursal Esten (1978 : 9)
Sastra atau Kesusastraan adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia. (dan masyarakat) melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek yang positif terhadap kehidupan manusia (kemanusiaan).

Semi (1988 : 8 )
Sastra. adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya.

Panuti Sudjiman (1986 : 68)
Sastra sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi, dan ungkapanya.

Ahmad Badrun (1983 : 16)
Kesusastraan adalah kegiatan seni yang mempergunakan bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alai, dan bersifat imajinatif.

Engleton (1988 : 4)
Sastra adalah karya tulisan yang halus (belle letters) adalah karya yang mencatatkan bentuk bahasa. harian dalam berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjangtipiskan dan diterbalikkan, dijadikan ganjil.

Sapardi (1979: 1)
Memaparkan bahwa sastra itu adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. Bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan social.

Taum (1997: 13)
Sastra adalah karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif” atau “sastra adalah penggunaan bahasa yang indah dan berguna yang menandakan hal-hal lain”.

Plato
Sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. Oleh karena itu, nilai sastra semakin rendah dan jauh dari dunia ide.

Aristoteles
Sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.

Dari beberapa pengertian tersebut anda seharusnya sudah bisa memahami dan setidaknya sudah sedikit mengenal apa itu sastra. Jika masih belum dirasa cukup kita kenali secara lebih mendalam. 

Taukah Anda film-film yang pernah anda tonton di televisi sebagian besar merupakan sebuah karya sastra. Kenapa seperti itu? kita ambil contoh salah satu film "Laskar Pelangi", di mana cerita yang ada dalam film tersebut berawal dari novel yang dibuat oleh seorang Penulis bernama Andrea Hirata yang memang di Indonesia namanya begitu besar dan banyak karya-karya dari beliau yang sudah di buat film juga.  

Nah berarti dari penjelasan di atas sudah dapat kita kenali kembali apa itu sastra. Dilihat dari penjelasan tersebut jenis sastra salah satunya adalah Novel. Selain Novel Jenis sastra yang lain diantaranya: Puisi, Cerpen (Cerita Pendek), Roman, Prosa dan Drama. Tentunya sudah mendengar dari jenis-jenis sastra tersebut. 

Untuk mengenali mengenai jenis-jenis sastra yang lain pantengin trus Blog ini. 
Don't Miss It....jangan lupa budayakan dan biasakan membaca. 

Sumber :
Badrun, Ahmad. 1983. Pengantar ilmu sastra : (Teori sastra) untuk Sekolah Menengah Tingkat Atas
          Surabaya : Usaha Nasional

Damono, Sapardi Djoko. 1979. Novel Sastra Indonesia Sebelum Perang. Jakarta: Pusat Pembinaan
          dan Pengembangan Bahasa.

Eagleton, Terry dan Muhammad HJ. Salleh. 1988. Teori Kesusastraan : Satu Pengenalan. 
          Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Esten, Mursal. 1978. Kesusasteraan : Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung : Angkasa

Semi, M. Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya

Sudjiman, Panuti. 1986. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Gramedia

Taum, Yoseph Yapi, 1997. Pengantar Teori Sastra: Ekspresivisme, Strukturalisme, 
           Pascastrukturalisme,Sosiologi, Resepsi. Ende: Nusa Indah




No comments:

Post a Comment

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab Selain Isra’ dan Mi’raj masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Ra...