Monday, September 3, 2018

Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, Selasa 11 September 2018 dan Keutamaannya

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bulan Muharram 1440 Hijriyah segera tiba.
Bulan ini merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam dan merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Oleh sebab itu, 1 Muharram ditetapkan sebagai tahun baru Islam.Tahun ini bertepatan pada 11 September 2018.
Bulan ini memiliki tiga keistimewaan.
Dikutip dari Tribun Timur dalam berita diterbitkan pada Rabu (20/9/2017), dalam bulan Muharram ada amalan puasa sunah bernama puasa Asyura.
Berikut ini keutamaan bulan Muharram dan puasa Asyura.
1. Sikap meneladani Nabi Harun dan Nabi Musa Alaihissalam juga Nabi Muhammad SAW yang sudah melakukan puasa di hari Asyura.
2. Menjadi latihan untuk kita semua menjadi sosok yang lebih baik salah satunya menahan godaan dan menahan hawa nafsu.
3. Bisa menghapus semua dosa kecil 1 tahun, selain dosa besar dan syirik kepada Allah.
Selain itu, seperti diberitakan Banjarmasinpost.co.id pada Sabtu (1/9/2018), pada tahun baru Hijriah tanggal 1 Muharram 1440 Hijriyah nanti, umat Islam dianjurkan untuk berdoa, memohon agar Allah SWT mengampuni doa dan kesalahan di tahun-tahun sebelumnya.
Harapannya agar Allah SWT membimbing di tahun yang baru, karena doa merupakan salah satu senjata dan kekuatan bagi orang yang beriman kepada Allah SWT.
Di dalam doa tentunya terkandung renungan, harapan, kecemasan dan optimisme untuk kondisi yang lebih baik lagi.
Selain itu berdoa juga merupakan keberadaan sikap dan perilaku yang rendah di hadapan Allah SWT.
Dilansir Banjarmasinpost.co.id dari Tribun Style(20/09/2017), ada do'a yang bisa di baca umat Islam untuk menyambutnya.
Berikut doa awal tahun hijriah lengkap dengan artinya, yang dilansir TribunStyle dari Asmaul Husna.
Artinya : “Dengan Menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Rahmat dan keselamatan atas junjungan kami Nabi Muhammad dan atas keluarganya, para sahabatnya sekalian.
Ya Allah Engkaulah yang Maha Kekal Abadi, Maha Dahulu, Maha Awal, dengan keutamaan-Mu yang besar dan kedermawanan serta kemuliaan-Mu yang dapat dipercaya, inilah tahun baru telah datang, aku mohon perlindungan kepada-Mu dari godaan setan dan kawan-kawannya dan aku mohon pertolongan-Mu untuk mengalahkan nafsu yang mendorong kepada kejahatan. Dan aku mohon pertolongan-Mu untuk melakukan apa saja yang bisa mendekatkanku kepada-Mu dengan sedekat mungkin. Ya Allah Tuhan Yang Maha Agung lagi Maha Mulia. Semoga Allah limpahkan rahmat dan sejahtera atas penghulu kami Nabi Muhammad dan atas keluarganya, para sahabatnya sekalian dan kesejateraan atas mereka. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.“
Bacalah doa ini tiga kali saat memasuki tanggal 1 Muharam. Bisa dilakukan selepas magrib atau sebelumnya. Sebagai seorang mu'min akan memohon kepada Allah SWT.
Dengan harapan akan memasuki tahun baru pada tanggal 1 Muharram 1440 H akan dapat meningkatkan amal kebajikan dan ketakwaan kita. (banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal/noor masrida)

Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com/amp/2018/09/03/doa-menyambut-tahun-baru-islam-1-muharram-1440-hijriyah-selasa-11-september-2018-dan-keutamaannya?page=2

No comments:

Post a Comment

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab

Sembilan Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Rajab Selain Isra’ dan Mi’raj masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Ra...